Evolusi Game Sony PlayStation (PS, PS2, PS3, PS4)

Tags

Konsol Game PlayStation - PlayStation atau biasa disingkat PS adalah salah satu konsol permainan grafis yang terkenal dan paling populer di seluruh dunia. PlayStation dikembangkan oleh perusahaan game Sony Computer Entertainment yang merupakan bagian dari perusahaan elektronik ternama asal Jepang, Sony. Konsol game PS begitu populer dan sempat merajai dunia konsol game di era 2000-an hingga sekarang. Game PlayStation pun sudah dibuat ke dalam empat tahap dan versinya, mulai dari generasi awal PlayStation (PS), PlayStation 2 (PS2), PlayStation 3 (PS3) dan terakhir PlayStation 4 (PS4).

PlayStation pertama diluncurkan pada tahun 1994. Konsol game ini kemudian menjadi sangat terkenal hingga akhirnya dibuat generasi PlayStation di versi-versi yang berikutnya. Beberapa game-game yang terkenal dan paling memorable bisa dimainkan di konsol game PlayStation ini. Berikut akan kami sajikan sejarah perkembangan PlayStation dan evolusinya dari PSOne hingga menuju PS4.

Evolusi Game Sony PlayStation (PS, PS2, PS3, PS4)

PlayStation (PS)

PlayStation atau PSOne diluncurkan perdana di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994 dan kemudian dirilis ke seluruh dunia setahun berselang. Kehadiran platform konsol game PlayStation telah merubah dunia game keseluruhan. Konsol game ini begitu populer di seluruh dunia. PlayStation 1 termasuk dalam konsol game di era generasi kelima yang mengandalkan permainan grafis 32-bit. 

Beberapa game PS1 terbaik :
Tekken
Tomb Raider
Final Fantasy
Winning Eleven
Gran Turismo
Metal Gear Solid
Crash Bandicoot

PlayStation 2 (PS2)

PlayStation 2 atau PS2 dirilis sebagai penerus PlayStation 1. Perilisan PlayStation diadakan pada tanggal 4 Maret di Jepang dan kemudian di seluruh dunia beberapa bulan berselang. Peredaran pasar PlayStation 2 awalnya biasa-biasa saja, namun kemudian naik secara drastis dan menjadi raja konsol game generasi keenam. Total penjualan sebesar 90 juta unit membuat konsol game PS2 menjadi begitu populer di seluruh dunia.

Beberapa game PS2 terbaik :
Grand Theft Auto (GTA) San Andreas
Resident Evil 4
God of War
Devil May Cry
Prince of Persia
Silent Hill
Guitar Hero

PlayStation 3 (PS3)

PlayStation 3 atau disingkat PS3 adalah evolusi game dari PS dan PS2. Konsol game ini termasuk dalam konsol game generasi ketujuh. Game PS3 setara dengan konsol game populer lain yaitu Microsoft Xbox 360 dan Nintendo Wii. PlayStation 3 dirilis pada tanggal 11 November 2006 di Jepang dan kemudian dirilis beberapa bulan kemudian di seluruh dunia. Awal pengumuman perilisan PS3 ditunjukkan dalam festival Tokyo Game Show. Game PS3 memiliki teknologi terbaru yang lebih canggih dengan cell processor. Selain itu GPU juga dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.

Beberapa game PS3 terbaik :
Grand Theft Auto (GTA) IV
Call of Duty Modern Warfare
Assassin's Creed
Uncharted
FIFA Soccer

PlayStation 4 (PS4)

PlayStation 4 atau biasa disingkat PS4 adalah konsol permainan video game terbaru dari seri PlayStation setelah PS, PS2, dan PS3. PlayStation 4 dirilis secara resmi pada tanggal 15 November 2013. PS4 termasuk dalam konsol game generasi kedelapan, setara dengan Nintendo Wii U dan Microsoft Xbox One. PlayStation 4 memiliki teknologi yang lebih canggih dengan prosesor APU x86-64 AMD serta menjadi prosesor grafis saat ini di kalangan konsol game sejenis. Berbagai inovasi dan kontroller baru pun dikembangkan dalam PS4 ini.

Beberapa game PS4 terbaik :
Battlefield 4
InFamous Second Son
Watch Dogs
NBA 2K14
Call of Duty : Ghost


Itulah informasi mengenai sejarah evolusi game Sony PlayStation mulai dari PS1 (PlayStation), PS2 (PlayStation 2), PS3 (PlayStation 3) hingga PS4 (PlayStation 4). Tak heran jika seri PlayStation disebut-sebut sebagai konsol game terbaik dan terpopuler di dunia. Semoga info tersebut bisa bermanfaat.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon