Sejarah Perkembangan Games Mobile Hp

Tags

Sejarah Game HP - Perkembangan gadget dan teknologi makin canggih tiap tahunnya. Tak heran jika berbagai produk gadget seperti game atau handphone (HP) terus mengeluarkan inovasi baru tiap tahun. Salah satu inovasi yang sempat populer adalah adanya game mobile atau game hp. Secara umum, mobile game merupakan permainan video game yang dimainkan di perangkat ponsel, baik itu handphone, smartphone, tablet dan platform sejenis. Hal ini berarti konsol game portabel pegangan tangan seperti Nintendo DS atau PlayStation Vita tidak termasuk dalam mobile games. Berikut akan kami hadirkan sejarah perkembangan games mobile atau game-game hp, mulai dari awal pengembangan hingga era game game Android yang populer saat ini.


Sejarah Perkembangan Games Mobile Hp

Sejarah Game HP

Game pertama yang ada pada ponsel adalah game Tetris pada perangkat ponsel Hagenuk MT-2000. Game Tetris untuk mobile phone tersebut pertama dirilis pada tahun 1994 dan menandai perkembangan game hp. Namun tentu developer hp yang paling penting dalam sejarah mobile games adalah Nokia. Tahun 1997 Nokia merilis game berjudul Snake. Game ini sangat populer dan hampir semua orang di dunia pernah memainkannya di berbagai platform. Snake tak kurang telah terdapat pada lebih dari 350 juta perangkat gadget di seluruh dunia dan menjadi salah satu game yang paling sering dimainkan.


Era Game Nokia N-Gage

Di awal tahun 2000-an, Nokia kembali membuat gebrakan dan inovasi baru untuk urusan permainan dan game hp. Nokia NGage QD dirilis dan makin meramaikan industri game. Selain sebaagi ponsel, Nokia N-Gage juga merupakan platform game yang berbasis symbian. Meski begitu game yang tersedia tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan orang-orang menganggap game-game hp hanya sebagai pengisi waktu luang, bukan sebagai hiburan utama dari bermain game yang masih didominasi oleh konsol game populer.


Era Game Berbasis Java

Kehadiran game berbasis Java (J2ME) makin meramaikan industri games mobile. Berbeda dengan versi permainan game mobile sebelumnya, game Java tersedia dalam cross-platform dan bisa dimainkan di berbagai tipe handphone. Tak heran jika game-game Java menjadi populer untuk ukuran games mobile. Banyak game Java yang tersedia dari berbagai developer game handphone ternama dunia.


Era Download Games Mobile

Saat ini, game game hp biasanya didownload terlebih dahulu lewat jaringan internet hp atau smartphone. Meskipun begitu ada juga beberapa game yang terdapat pada perangkat ponsel saat pertama dibeli yang tersimpan pada memory hp tersebut. Awalnya game mobile hanya bisa didownload lewat operator hp yang bersangkutan. Baru pada tahun 2008 saat tersedia Apple App Store, dimana user hp bisa mendownload game. Apple App Store menjadi favorit para pengguna smartphone yang pertama untuk mendownload content-content mobile termasuk juga game.


Era Game Android

Games mobile sendiri juga dikembangkan lewat berbagai platform dan teknologi. Beberapa yang populer antara lain adalah Windows Mobile, Java, Apple iOS, Symbian, Google Android, Blackberry, Adobe Flash dan masih banyak lagi. Banyak yang beranggapan jika Java merupakan platform mobile game yang paling umum dan banyak digunakan. Meskipun begitu, saat ini Android menjadi platform games mobile yang paling populer dan banyak digemari serta menjadi favorit para gamers di handphone. Era smartphone Android lewat berbagai smartphone canggih secara tak langsung mengusung game dan permainan Android menjadi makin populer. Game game Android ini bisa didowload di Google Play Store baik secara berbayar maupun secara gratis.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon