Inilah Judul Game Pertama di Dunia yang Dibuat

Tags

Semua orang suka main game. Perkembangan game memang kian berkembang menuju era teknologi modern. Mulai dari era konsol game klasik, berlanjut ke era keemasan konsol game di tahun 90an dan awal 2000an, kini industri game memasuki era mobile game dan game online. Tentu dunia game akan terus perkembangan. Para pengembang akan terus berlomba-lomba merilis konsol game terbaru dan tercanggih serta berbagai permainan yang seru dan bagus. Namun pernahkan kamu berfikir, kira-kira game apa yang pernah ada pertama kali di dunia?

Ya, pertanyaan mengenai game pertama yang dimainkan di dunia kerap muncul di benak para gamers. Tentu jika dibandingkan game game di era modern dengan grafik 3D yang canggih, game pertama yang dibuat masih sangat sederhana. Hal ini wajar mengingat judul game pertama yang dimainkan berasal dari era 60an. Gameplay dari permainan game di era era klasik memang terkenal simple dan tidak rumit. Namun tentu game game klasik itu lah yang menjadi akar dari game game populer di era sekarang.

Inilah Judul Game Pertama di Dunia yang Dibuat

Berdasarkan beberapa referensi diketahui bahwa game berjudul Spacewar adalah game pertama yang dibuat di dunia. Game ini dibuat oleh seorang pengembang game bernama Steve Russell dan tercatat dalam sejarah sebagai first game made in the world. Awalnya Spacewar dibuat untuk PDP-1 (Programmed Data Processor-1) komputer mini oleh Digital Equipment. Russell tidak sendiri karena ada bantuan dari sebuah tim.

Gameplay Spacewar sangat sederhana. Dua pemain mengambil kontrol dari sebuah pesawat ruang angkasa untuk mencoba menghancurkan satu sama lain dengan cara menembakan rudal/misil. Tentu termasuk gameplay yang sederhana karena hanya bersifat satu kali permainan saja tambah ada level atau item tertentu. Meski simple namun game ini memiliki sisi historis yang tinggi. Gameplay Spacewar juga menjadi basis gameplay game sekarang dan banyak ditiru oleh game game modern.

Detail dan Review Game Spacewar!

Tahun rilis : 1962
Genre : Space combat
Platform : PDP-1
Developer : Steve Russell
Mode : Multiplayer

Itulah info mengenai video game pertama di dunia yaitu game tentang pesawat luar angkasa yang sederhana berjudul Spacewar!. Game ini pun menjadi salah satu game yang penting dan berpengaruh dalam sejarah game dunia. Selain menjadi game pertama yang dibuat yang dipublish, Spacewar menawarkan gameplay sederhana namun menjadi basis dari game game di era mendatang.


-GameSetting-

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon